Patofisiologi Pneumonia


Bismillah.

Pada postingan kali ini saya akan mengangkat tema Pneumonia. bagian yang akan saya sajikan adalah patofisiologi. Kok langsung patofis? yah daripada kaga… dan ini hanya terjemahan singkat dari Harrison’s Internal Medicine edisi tujuh belas.

selamat menikmatiii…

Pneumonia adalah hasil dari proliferasi patogen mikrobial di alveolar dan respons tubuh terhadap patogen tersebut. Banyak cara mikroorganisme memasuki saluran pernapasan bawah. Salah satunya adalah melalui aspirasi orofaring. Aspirasi dapat terjadi pada kaum geriatri saat tidur atau pada pasien dengan penurunan kesadaran. Melalui droplet yang teraspirasi banyak patogen masuk. Pneumonia sangat jarang tersebar secara hematogen.

Faktor mekanis host seperti rambut nares, turbinasi dan arsitektur trakeobronkial yang bercabang cabang mencegah mikroorganisme dengan mudah memasuki saluran pernapasan. Faktor lain yang berperan adalah refleks batuk dan refleks tersedak yang mencegah aspirasi. Flora normal juga mencegah adhesi mikroorganisme di orofaring.

Saat mikroorganisme akhirnya berhasil masuk ke alveolus, tubuh masih memiliki makrofag alveolar. Pneumonia akan muncul saat kemampuan makrofag membunuh mikroorganisme lebih rendah dari kemampuan mikroorganisme bertahan hidup. Makrofag lalu akan menginisiasi repons inflamasi host. Pada saat ini lah manifestasi klinis pneumonia akan muncul. Respons inflamasi tubuh akan memicu penglepasan mediator inflamasi seperti IL (interleukin) 1 dan TNF ( Tumor Necrosis Factor) yang akan menghasilkan demam. Neutrofil akan bermigrasi ke paru paru dan menyebabkan leukositosis perifer sehingga meningkatkaan sekresi purulen. Mediator inflamasi dan neutrofil akan menyebabkan kebocoran kapiler alveolar lokal. Bahkan eritrosit dapat keluar akibat kebocoran ini dan menyebabkan hemoptisis. Kebocoran kapiler ini menyebabkan penampakan infiltrat pada hasil radiografi dan rales pada auskultasi serta hipoxemia akibat terisinya alveolar.

Pada keadaan tertentu bakteri patogen dapat menganggu vasokonstriksi hipoksik yang biasanya muncul pada alveoli yang terisi cairan hal ini akan menyebabkan hipoksemia berat. Jika proses ini memberat dan menyebabkan perubahan mekanisme paru dan volume paru dan shunting aliran darah sehingga berujung pada kematian.

2 thoughts on “Patofisiologi Pneumonia

Leave a comment